oleh

Wisata Sirah Kencong, Dulu Sejuk Sekarang Busuk

INBISNIS.ID, BLITAR – Wisata alam Sirah Kencong merupakan wisata alam yang berada di kawasan perkebunan teh milik PTPN XII yang berada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Dengan pemandangan perbukitan berwarna hijau serta hamparan perkebunan teh yang luas, menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke lokasi tersebut.Lokasinya sekitar 12 kilometer ke arah utara dari pusat Kota Wlingi dengan ketinggian 1.179 MDPL sehingga memiliki hawa sejuk dan asri khas “Puncak”. Wisata Sirah Kencong menjadi salah satu alternatif wisata keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Dengan dilengkapi panorama pemandangan hamparan teh yang luas, air terjun, puncak sirah kencong, candi hingga sport foto yang instagramable.

Itulah kondisi setelah 2 tahun yang lalu. Kini suasana semacam itu mulai sulit didapatkan oleh wisatawan karena mulai tercium bau busuk di sekitar lokasi wisata.

“Rasanya beda, dulu segar dan nyaman buat wisata keluarga tapi sekarang sering kali tercium bau busuk seperti kotoran sapi di sekitar sini,” ucap Nisya pengunjung dari Tulungagung.

Aroma busuk di kawasan Sirah Kencong disinyalir dampak sebuah pabrik peternakan sapi perah yang berdiri berdekatan dengan wisata tersebut.

Tentunya hal ini akan berpengaruh pada perputaran ekonomi masyarakat sekitar yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan kuliner.

“Awalnya sih semangat buat refreshing, tapi sekarang sedikit kurang memuaskan. Pengunjungnya juga tidak sebanyak dulu,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed