oleh

Tips Sehat Berpuasa Bagi Umat Muslim

INBISNIS.ID, MAKASSAR – Ibadah Puasa wajib bagi umat Islam, dilakukan minimal 14 jam per hari. Mulai dari Imsak sesaat sebelum sholat Subuh sampai terbenamnya mentari, sholat Magrib.

Imsak adalah istilah yang hanya populer di Indonesia. Maksud dari Ijtima Ulama ini jaga-jaga jangan sampai sudah masuk Sholat Subuh masih makan.Dokter Gastro Entetohepatolgi, memberikan advis bagi pengidap Maag (gastritis). Sepanjang tidak mengalami gejala yang berat, seperti mual, muntah, sakit ulu hati, boleh boleh saja berpuasa.

Menurutnya, bila buka puasa makan kue dan minum air putih secukupnya, nantilah usai sholat Magrib makan nasi tapi jangan terlalu kenyang. Usai sholat tarawih makan lagi sedikit.

Makan sahurnya nanti jam 04.00 Subuh tentu dengan nasi lunak, hindari lombok dan cuka, beras ketan, paparnya. Namun kalau memang mengalami gejala berat jangan puasa, ikuti fatwa MUI bagaimana cara menggantinya.

Sementara Dr Adib Rizvi SpPD KGH FINASIM menghimbau agar semua umat Muslim menahan diri dari minum soft drink, terutama yang dingin dalam bulan Ramadhan. Lebih baik minum jus buah-buahan segar.Menurut dosen FKUI ini. setelah berpuasa sepanjang hari, ginjal akan kekeringan dan akan berhenti dengan minum air dingin ini.

Sementara dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips selama bulan puasa.

“Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi,” ungkapnya.

Tips Sehat bagi umat Muslim yang menjalani ibadah puasa :

  • Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
  • Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  • Mengkonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  • Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.
  • Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah Anda menjalani puasa nantinya.
  • Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
  • Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed