oleh

STPK Banau Punya Nakhoda Baru

INBISNIS.ID,HALBAR- Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) yang diwakilkan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Zubair Latif turut menyaksikan dan memberikan sambutan pada pelantikan Ketua Sekolah Tinggi Pertanian dan Kewirausahaan (STPK) Banau periode 2022-2027, Dr. Ir. Abdurahman Hoda, M.Si  pada Selasa (22/11) di Auditorium STPK, Acango, Halbar.

Pelantikan Nakhoda Baru STPK Banau ini dilakukan oleh Wakil Ketua Yayasan STPK (YSTPK), Faramitha Novianti mewakili Ketua  Yayasan STPK-Banau  yang dilaksanakan tepat pukul 09.00 WIT hingga berakhir pukul 11.30 WIT.

Prosesi pelantikan yang disaksikan oleh Kepala Lembaga Layanan pendidikan tinggi wilayah XII, Dr. Jantje E. Lekatompessy,S.E, M.Si., Ak, sekretaris yayasan STKP, unsur forkompinda, kabag Humas dan protokoler Halbar, Hikler Murari dan beberapa perwakilan  OPD dan seluruh civitas akademika STPK, berlangsung tertib dan lancar.

Bupati Halbar dalam sambutannya yang dibacakan Asiseten I mengatakan bahwa  sebagai perguruan tinggi milik pemerintah daerah, yang memiliki orientasi kurikulum pendidikan kewirausahaan pertanian, yang berbasis pada community collage,  kehadiran STPK Banau di kabupaten Halmahera Barat, mempunyai beberapa tujuan.  salah satu  dari beberapa tujuan tersebut yaitu  menyiapkan sumberdaya manusia di bidang pertanian yang profesional, terampil,  menguasai teknologi, serta memiliki jiwa wirausaha yang tinggi.

foto bersama usai pelantikan (doc. humas Halbar)

“Saya melihat bahwa perspektif pembangunan jangka menengah dan panjang, STPK Banau memiliki peran yang sangat strategis, dalam rangka mengembangkan pembangunan ekonomi di daerah ini, khususnya pengembangan sektor pertanian di kabupaten Halmahera Barat dan Maluku Utara umumnya”, tutur Zubair.

Kabupaten Halmahera Barat, lanjut Zubair, memiliki potensi sumber daya pertanian yang sangat tinggi, namun potensi tersebut belum dapat di kelola secara optimal untuk  menjadi keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif, oleh karenanya guna menjadikan sektor pertanian menjadi sektor yang memiliki keunggulan baik komparatif dan maupun kompetitif, pasti membutuhkan dukungan berbagai macam  faktor,  akan tetapi  saya yakin dan percaya, faktor sumberdaya manusia memiliki peranan  yang paling utama, untuk memacu laju perkembangan sektor pertanian di kabupaten Halmahera Barat.

“Olehnya itu, pada kesempatan yang baik ini, saya memberikan apresiasi  kepada sekolah tinggi pertanian kewirausahaan (stpk) banau karena hampir seluruh mahasiswanya merupakan putra putri Halmahera Barat, hal ini sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun SDM bidang pendidikan di Halmahera Barat untuk selalu meningkat”, jelas Zubair.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan pendidikan tinggi (LLDIKTI) wilayah XII, Dr. Jantje E. Lekatompessy,S.E, M.Si., Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa sekarang ini STPK Banau berada pada posisi sangat  baik, dengan melihat hasil akreditasi institusi BAIK SEKALI, oleh karena itu STPK sudah harus memikirkan untuk meningkatkan status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas dengan menambahkan beberapa program studi dan vokasi.

Kepada Nakhoda yang baru, Jantje berpesan agar kondisi yang sudah baik ini menjadi tantangan kepada Ketua yang baru agar dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, agar setiap Kabupaten di Maluku Utara memiliki Universitas sendiri, termasuk Kabupaten Halbar memiliki  STPK-Banau University.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed