oleh

Siap-Siap!, Peserta Kubermas Unkhair akan di Monev.

INBISNIS.ID,TERNATE– Monitoring dan evaluasi (monev) mahasiswa kuliah bersama masyarakat (Kubermas)  Universitas Khairun Tahap 1 akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 16 Agustus 2022, untuk itu diharapka kepada mahasiswa agar bersiap-siap menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan monev tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unkhair.. Prof. Dr. M. Irfan Koda.S.Pi.M.Si kepada INBISNIS.ID ketika ditemui di ruang kerjaya pada Jumat (5/8/2022) kemarin.

Menurut Guru Besar bidang Budidaya Perairan ini, bahwa monev yang akan dilaksanakan pekan depan dengan waktu 5 hari mulai 12 hingga 16 Agustus bertujuan untuk melihat dan mengevaluasi sejauhmana program kerja yang dilakukan secara bersama sama antara mahasiswa dengan masyarakat serta pemerintah di wilayah masing masing dimana mahasiswa ditempatkan.

“Ini merupakan rangkaian tahapan Kubermas yang setiap tahun dilakukan, dengan pelaksanaan Monev juga dapat mengukur persentase keberhasilan program kerja yang dicapai oleh mahasiswa dalam melaksanakan program kerjanya,” terang Irfan.

Doktor jebolan UGM ini menjelaskan bahwa kegiatan monev ini akan dilakukan oleh para pejabat di lingkungan unkhair. Mulai dari rektor, wakil rektor..para dekan, dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang ditunjuk oleh LPPM sesuai panduan operasional yang berlaku.

Oleh karena itu, mantan Dekan Fakultas Perikanan  Unkhair ini berharap agar  para pejabat yang akan melakukan monev tersebut..dapat melaksanakan tugasnya secara baik..dan dapat berkunjung ke lokasi kubermas yang telah ditentutakan sesuai dengan rentang waktu yg diberikan.

Menurut Irfan bahwa Kubermas kali ini mengalami peningkatan jumlah daerah penempatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya fokus di tiga daerah.

Kubermas yang sudah dimuai sejak 22 Juli 2022 lalu dengan jumlah peserta 1.729 yang terbagi untuk peserta yang ditempatkan di Kota Ternate sebanyak 1296 dan di luar Ternate sebanyak 433 mahasiswa yang ditempatkan di lokasi Halmahera Barat (Halbar), Halmahera Utara (Halut) , Halmahaera Tengah, Hamahera Selatan (Halsel), Kota Tidore Kepulauan. Pulau Morotai dan Kepulauan Sula.

“Harapan saya dengan kubermas tahun ini diharapkan terjadi kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat, mahasiswa dan perguruan tinggi dalam pemberdayaan inovasi dan teknologi sesuai tema kubermas yaitu pemberdayaan masyarakat melalui inovasi Teknologi,” pungkas Irfan Koda

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed