oleh

Presentasi Sumbangan PAD Bangun Ternate Minimal 15-20 Persen

INBISNIS.ID,TERNATE– DPRD Kota Ternate meminta OPD pengelola pendapatan agar terus berpacu dan lebih maksimal lagi dalam mengelola dan pungut retribusi dan pajak dalam mendongkrak PAD untuk membangun Kota Ternate.

“Presentasi sumbangan PAD untuk  bangun  KotaTernate minimal harus berkisar antara 15 sampai 20 persen dari APBD. Itu baru dianggap normal,” ucap Anggota Komisi II DPRD Ternate, Jamian Kolengsusu, Rabu  (5/10/2022).

Jamian menyampaikan hal itu saat  dimintai komentar berapa besaran  presentasi sumbangan PAD dari APBD untuk bangun Ternate bila dilihat potensi sumber pendapatan yang ada. “PAD saat ini baru sumbang 7 persen dari APBD,” ujarnya.

Hal tersebut menunjukan bahwa, potensi yang tersedia belum digarap maksimal, sehingga target PAD tak capai, padahal APBD Kota Ternate sudah menembus angka di atas Rp 1 triliun selama beberapa tahun terakhir.

“Persentasi PAD menyumbangkan minimal di angka 15 sampai 20 persen untuk bangun Kota Ternate baru dianggap normal. Potensi yang begitu besar butuh OPD pengelola pendapatan agar serius dan lebih maksimal lagi dalam melakukan pungutan,” tuturnya.

Politisi Gerindra itu menilai OPD pengelolaan pendapatan di Kota Ternate masih pesimis dibanding daerah lain yang begitu optimis dalam genjot PAD. Sebab  PAD itu satu satunya urat nadi dalam membangun Kota Ternate.

“Kita harus optimis dengan gencar lakukan sosialisasi ke masyarakat, sampaikan ke pihak pihak yang berkewajiban dan harus peran aktif OPD-OPD pengelola pendapatan. Ibarat tubuh manusia, PAD itu sama dengan ginjal, organ ini sangat penting dalam mendukung pembangunan di Kota Ternate,” tuturnya.

Anggota Banggar DPRD ini berharap, kalau ada OPD tak maksimal, Walikota bisa mengevaluasi. Karena data di Kota Ternate ini cukup jelas, bahkan ada penilaian daerah lain, Ternate ini salah satu kota tersibuk, banyak potensi pendapatan.

“Jika dilihat dari sisi pendapatan masih jauh dari harapan. Bukan berarti Ternate tidak punya potensi sumber PAD, banyak yang belum digarap. Sebenarnya pendapatan itu dari tahun ke tahun harus meningkat,” sambungnya.

Karena perkembangan kota bukan menurun tapi malah bertambah. “Sehingga PAD kita harus digenjot agar meningkat, sehingga angka presentasi sumbangan PAD untuk bangun Kota Ternate lebih besar lagi dari sekarang,” pungkasnya. (ud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed