oleh

Perwakilan Bank Indonesia Malut Gelar Asesmen WIPUBI

INBISNIS.ID, TERNATE – Kantor Perwakilan  Bank Indonesia (Kpw BI) Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan Asesmen untuk Wirausaha dan Petani Unggulan Bank Indonesia (WIPUBI) pada Selasa (22/6) di Red Star Resto, Ternate.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama KpwBI dengan Integrated Mindset, Unique, and Talent Spiritual (IMUTS) Pelatih Indonesia dalam melakukan penilaian kepada 150 peserta kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan petani Maluku Utara 

Program ini merupakan program pengembangan dan pendampingan UMKM yang merupakan komitmen Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Maluku Utara, untuk terus berupaya mengembangkan sektor UMKM menjadi sektor unggulan yang dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian di wilayah ini dan memang sebelumnya KPw BI Malut juga pernah melaksanakan kegiatan SERUMBI.

Kepala KPw BI Maluku Utara R. Eko Adi Irianto dalam sambutannya mengatakan setelah kegiatan ini, peserta akan diberikan seminar dan dilakukan asesmen yang orientasinya bukan sekadar produk melainkan juga sebagai pengusaha. Sehingga, peserta nanti akan dinilai apakah sudah memiliki jiwa kewirausahaan dan mindset yang tepat ataukah belum.

Lebih jauh dikatakan Eko  bahwa tujuan dari program ini adalah menghasilkan pengusaha yang unggul. Unggulan yang dimaksud bukan dari penjualan maupun pengetahuan melainkan juga kemampuan peserta untuk mengajak UMKM dan petani lain untuk maju, sehingga, di tahun depan para lulusan dari program ini akan menjadi pendamping dan penyuluh. 

“Pelatihan yang diselenggarakan selama kurang lebih satu tahun ini ujungnya adalah menghasilkan pengusaha unggulan,” terang Eko.

Eko mengatakan, melalui upaya ini pula diharapkan dapat mendorong kemajuan bagi sektor industri pertanian dan kreatif di Maluku Utara. Nantinya akan dihasilkan Artisan yang benar benar layak tampil dalam Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI),” tutupnya.

Sementara Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Utara, Nasarudin Rabo dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada KPw BI Maluku Utara yang senantiasa berkomitmen membina dan mengembangkan UMKM di Maluku Utara.

“Pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis untuk menggerakan kegiatan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Eksistensi dan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia berdampak nyata dalam kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja, pembentukan Produk Domestik Bruto, maupun investasi,” sambung Nasruddin.

Lebih lanjut, program ini WIPUBI relevan untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh UMKM Provinsi Maluku Utara. 

“UMKM masih menghadapi permasalahan yang mempengaruhi perekonomian daerah maupun nasional. Permasalahan umum yang dihadapi oleh UMKM antara lain rendahnya kapasitas SDM dalam kemampuan manajerial, keterbatasan modal, kemampuan untuk mengakses sumber daya produktif serta pemasaran,” punkas Nasruddin.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed