oleh

Owner UMKM Pakesang tidak Menyangka Kopi Rempahnya Terbaik Se-Nusantara

INBISNIS.ID, TERNATE – “Allhamdulillah, Saya tidak menyangka sama Sekali racikan saya bisa jadi Kopi Rempah Terbaik Se-Nusantara, “tutur Owner UMKM Pakesang, Umi Salamah kepada INBISNIS.ID Minggu (22/5) sore melalui telepon seulernya.

Selanjutnya dikatakan Umi sapaan akrabnya bahwa awalnya dapat info dari bapak Burhanudin Rope, beliau merupakan Manager Tara no ate yang sangat Suka dengan kopi rempah saya dan mendapat banyak masukan dari tamu bahwa kopi rempah khas Ternate dari Aroma dan rasanya sangat enak.

Kemudian manager ini berinisiatif untuk mendaftarkan lomba kopi rempah nusantara dan allhamdulillah Juri mengakui Aroma dan cita Rasa kopi Rempah Pakesanglah yang terbaik dari 59 perserta seluruh Indonesia setelah mengikuti perlombaan kopi rempah dan original terenak, di IPB International Convention Center, pada Sabtu 21 Mei 2022.

Kegiatan bertajuk “Semarak Jelajah Kopi Rempah Nusantara dalam Menunjang Industri Kreatif Desa” itu diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dan dihadiri juga oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Maluku Utara dalam kesempatan itu mengirimkan 3 perwakilan, yakni Kopi Pakesang milik Ummi Salamah, Kopi Gamalama milik Ayub Assagaf dari Ternate dan Kopi Buli dari Halmahera Timur.

Pada perlombaan tersebut ada kategori kopi rempah dan ada juga original. Pakesang mewakili kopi rempah dan kopi Gamalama mewakili original. Sehingga hasil penilaian dewan juri keduanya mengungguli 59 peserta se-nusantara dari 2 kategori itu.

“Terima kasih dewan juri yang begitu objektif dalam penilaian, ini menguatkan kita sebagai Kota Rempah layak dipertahankan,” pungkasnya.

Untuk informsinya bahwa Owner UMKM Pakesang ini yang bernama Umi Salamah, SE pernah menjuarai Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Provinsi Malut pada Tahun 2015. Berusia 30 Tahun mengembangkan Usaha Ayahnya yaitu Intima Home Industry yang di bangun oleh Bapak Samin Namakule yang di bangun sejak Tahun 2007 silam.

Menurut Umi bahwa Orang tua saya yang menginspirasi semua ini, dalam membuat kopi rempah pada Tahun 2012 lalu. Karena basic usaha Ayah adalah Mengolah rempah-rempah khas Kota Ternate seperti Kayu manis, Cengkeh, Buah Pala dan hasil bumi lainya yang menjadi bubuk siap saji yang di jual ke pasar tradisional hingga supermarket besar di Kota.

“Dari rempah itulah saya kembangkan racikan Kopi menggunakan rempah-rempah hasil olahan orang tua Saya. Allahmdulillah Berkembang dari usia saya 20 tahun hingga saat ini, kurang lebih 10 tahun lamanya berkarya di Maluku Utara mengangkat ciri khas Kota kita yaitu Kota rempah,” pungkasnya.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed