oleh

Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Ternate, Kelurahan Takome Juara

INBISNIS.ID, TERNATE – Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Ternate Tahun 2022 digelar tadi pagi, Senin (4/7/2022) di Benteng Orange, Kota Ternate oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate dan keluar sebagai pemenang adalah Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate.

Kegiatan yang bertemakan  “Dengan Makan Ikan, Kita wujudkan Masyarakat Kota Ternate yang Sehat, Kuat, Cerdas, Inovatif dan Terbebas dari Stunting” dihadiri langsung oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid.

Saat menyampaikan sambutan Walikota memberikan  apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya lomba masak ikan ini.

“Saya harap lomba masak ikan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, akan mampu meningkatkan awareness masyarakat atas kandungan gizi dalam ikan, sekaligus menggugah minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari,” harap Tauhid.

Dikatakan pula oleh Tauhid bahwa  ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting disamping ketahanan ekonomi dan energi. Sebab, ketahanan pangan dan gizi merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan, yang menjadi salah satu pilar utama hak asasi manusia. Selain itu, ketahanan pangan dan gizi merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional, juga sebagai modal pembentukan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera. Terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional, salah satunya didukung melalui konsumsi bahan pangan yang berasal dari ikan.

Lebih jauh dikatakannya,ikan adalah bahan pangan yang memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Terutama dalam rangka mendukung pemenuhan gizi ibu hamil, 1000 Hari Pertama Kehidupan, dan perkembangan otak anak dibawah usia dua tahun, konsumsi ikan yang memiliki nilai gizi, mineral, nutrisi, dan vitaminini, sangat relevan untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dan penanganan Stunting.Ikan yang mengandung asam lemak Omega 3 serta komposisi asam amino lengkap yang mudah dicerna dan diserap, juga baik dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk remaja dan lansia.

Tauhid berharap agar upaya untuk meningkatkan gizi masyarakat serta minat untuk mengkonsumsi ikan harus terus ditingkatkan, untuk menjadikan ikan sebagai salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi dan budaya masyarakat. Dengan kata lain, upaya menggalakkan pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, namun perlu andil besar dari masyarakat sebagai sasaran perubahan perilaku mengkonsumsi ikan. Bagaimana caranya? Tidak lain hanya dengan soliditas dan kerjasama sinergis antar instansi dan berbagai pihak lainnya, dalam membuka wawasan masyarakat atas konsumsi ikan.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dilakukan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat, untuk gemar mengkonsumsi ikan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan mengedukasi masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreatifitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat.

Turut hadir pada acara tersebut  Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Para Asisten, Staf Ahli, sejumlah Kepala OPD, Para Camat dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed