oleh

Kinerja Perumda Ake Gaale Membaik, Perlu Banyak Dibenahi

INBISNIS.ID, TERNATE – Sejak dilantik sebagai direktur utama Perumda Air Minum Ake Gaale pada Selasa (18/1) tiga bulan lalu, Abubakar Adam telah membawa Perumda Ake Gaale menunjukkan kinerja ke arah yang lebih baik. Namun persoalan yang dihadapi perusahaan milik daerah ini, untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Ternate masih banyak yang perlu di benahi. Hal ini disampaikan Abubakar saat memberikan keterangan Pers di Perumda Ake Gaale, Kamis (28/4) siang kemarin.

Menurutnya pembenahan baik internal maupun eksternal demi kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat merupakan tugas utama yang menjadi fokus dewan direksi Perumda, sehingga memasuki triwulan pertama berdasarkan evaluasi internal kinerja Perumda Ake Gaale semakin baik dari sebelumnya.

“Saya sudah sampaikan ke staf saya, selalu memastikan di setiap titik-titik yang mengalami kebocoran harus secepat tanggap mengatasinya, dan alhamdulilah kebocoran yang selama ini belum tertangani, kini sudah ditangani secara tanggap dan angka kebocoran sudah menurun drastis,”terang Abubakar.

Saat ini katanya diberlakukan pencadangan pompa artinya stok pompa harus selalu ada sebagai cadangan apabila terjadi kerusakan maka langsung diganti, tidak perlu untuk di pesan ke Jakarta lagi.

“Disetiap reservoir saya sudah melakukan pergantian motor dan pompa, yang
memang sudah harus diganti dengan yang baru guna mendongkrak kapasitas distribusi ke pelanggan,”tegasnya.

Wilayah-wilayah yang selama ini masih terkendala dengan pendistribusian air yang kurang maksimal, sudah semakin baik, misalnya Kelurahan Maliaro yang sebagian sudah maksimal, begitu juga untuk kelurahan Tanah Tinggi Barat.

Hal yang membanggakan Dirut yang sering disapa Atta ini terjun langsung bersama teman-teman dalam suasana bulan suci ramadhan pun tetap melakukan aktivitas dalam menangani permasalahan-permasalahan air bersih, sekalipun di malam hari yang terjadi di titik-titik pengaduan guna sebagai menunjang kebutuhan air bersih kepada pelanggan selama bulan ramadhan.

Menurutnya Kelurahan Tongole yang awalnya dialiri 5 hari sekali sudah dapat dialiri 2 hari sekali karena Tongole bentuk topografinya daerah ketinggian tapi “Insya Allah kedepan diusahakan dapat dialiri setiap hari,” ungkapnya.

Abubakar menambahkan, dari sisi keuangan pun sudah mengalami profit atau laba pendapatan, hal ini terjadi karena bulan kemarin melakukan penagihan secara terdata. Penagihan dilakukan karena adanya penumpukan piutang senilai 19 Miliar dan sudah tertagih sebanyak 3 Miliar.

Tak sampai disitu, penagihan bagi pelanggan yang menunggak akan dilanjutkan setelah lebaran atau Idul Fitri 1443 H.

“Untuk sisi pelanggan total pelanggan Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate sampai dengan saat ini adalah 32.441 pelanggan, dan direncanakan ke depan, jika pelayanan sudah sangat baik maka kami akan menargetkan kurang lebih 50.000 pelanggan Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate untuk memenuhi kebutuhan suplai air bersih secara merata,” ungkapnya.

Bahkan Perumda Ake Gaale telah melakukan kerja sama (MoU) dengan 9 loket untuk mempermudah pembayaran rekening air secara online, diantaranya melalui aplikasi Shopee, Tokopedia dan juga beberapa Bank yang ada di Kota Ternate.

Meski demikian Abubakar menyadari masih banyak pekerjaan dalam pembenahan dan perbaikan secara menyeluruh antara lain melakukan peremajaan perpipaan yang termakan usia yang sampai pada saat ini masih tetap terpakai.

Kemudian penambahan sumber-sumber air bersih dan bak penampung dengan kapasitas lebih yang direncanakan berada di Kelurahan Moya dan Facei. Hal ini tentunya mendapat support maupun dukungan dari Pemerintah Kota Ternate, Balai Wilayah Sungai (BWS) yang tentunya demi mendongkrak pelayanan air bersih di Kota Ternate.

“Sudah tentunya dalam hal ini masih terdapat titik-titik yang mana masih belum ada normalisasi dalam pelayanan air bersih secara merata, kami Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate meminta maaf dalam ketidaknyamanan dalam pelayanan, Insha Allah hal ini menjadi perhatian khusus kami melakukan perubahan dan perbaikan dalam pelayanan air bersih kepada warga Kota Ternate untuk kearah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

(Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed