oleh

FTJ Resmi Dibuka Menparekraf, Antusias Masyarakat Membludak

INBISNIS.ID, HALBAR– Perhelatan akbar sebuah event budaya telah digelar pada Kamis (16/6) malam ditandai dengan genderang tifa yang ditabuh oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Staf Ahli Gubernur Andreas Thomas, Bupati Halbar James Uang, Forkopimda Halbar, dan Kesultanan Jailolo.

Event dimaksud adalah Festival Teluk Jailolo (FTJ) sebuah festival wisata yang telah dilaksanakan selama 13 kali dengan kemeriahan dan keunikan tersendiri. Meriah karena selalu dipadati pengunjung selama pelaksanaannya dan unik karena event budaya ini sudah pernah memecahkan Rekor Muri pada tahun 2013 sebagai panggung permanen yang berdiri di atas laut dan rutin digunakan sebagai venue utama FTJ, termasuk pada penyelenggaraan tahun ini.

Dari tahun ke tahun, FTJ tidak pernah gagal dalam menyajikan persembahan yang terbaik buat mengenalkan pesona Indonesia Timur dari sisi alam, budaya, tradisi, hingga ekonomi kreatifnya. Tema yang diangkat juga selalu memberi semangat positif. Contohnya saja tahun ini, tema yang diangkat adalah “Rise and Shine” Wonderful Culture of the Spice Islands. 

Tema ini sangat menarik, dan sangat pas pada kondisi sekarang ini, yaitu masyarakat diajak buat bangkit dan bersinar setelah kesulitan yang terjadi selama pandemi. Harapan lainnya, event yang terselenggara berkat kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bisa jadi momen bangkitnya wisata dan ekonomi kreatif. 

Saking menariknya event ini, saat memberikan sambutan Sandiaga menyampaikan apresiasi atas masuknya Festival Teluk Jailolo dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

“Tidak banyak yang bisa masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara, namun Festival Teluk Jailolo yang sudah berlangsung 13 tahun ini berhasil menembusnya,”terang Sandiaga yang mendapat sambutan meriah dari ribuan warga yang memadati acara pembukaan.

Istimewa

Kebanggaan lain yang ditoreh oleh wilayah ini adalah salah satu desa juga terpilih masuk dalam 50 besar Desa Wisata Indonesia terbaik, yaitu Desa Lapasi, Ake Sahu.

“Kita berikan apresiasi kepada Desa Lapasi, mudah-mudahan bisa menembus desa wisata kelas dunia,” harap mantan wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Calon Wakil Presiden ini juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan stakeholder untuk bersinergi membangun pariwisata Indonesia. Ia juga mengimbau agar tetap bersatu padu, jangan terpecah belah.

“Mari kita gerak cepat dan gas full kita gerakkan ekonomi Maluku Utara, kita buka lapangan kerja seluas-luasnya,”tuturnya.

Festival Teluk Jailolo 2022 memberi kejutan dengan menggunakan beberapa spot wisata sebagai lokasi penyelenggaraan. Ada lima destinasi eksotis yang disiapkan, yaitu Teluk Jailolo, Desa Wisata Gamtala, Tanjung Rappa Pelangi, Pantai Lapasi, dan Rumah Adat Sasadu. Rangkaian acaranya pun makin variatif dan tetap akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Seperti biasa, FTJ bakal diawali dengan Ritual Sigofi Ngolo. Ini adalah ritual pembacaan doa yang dilanjutkan mengelilingi pulau di sekitar Teluk Jailolo dan ziarah ke makam leluhur di Pulau Babua.

Selain itu, ada Orom Sasadu yang merupakan ritual adat masyarakat suku Sahu untuk mengucapkan syukur atas panen yang mereka terima. Berbagai makanan dan jajanan khas yang dibuat dari hasil panen  disajikan.

Walaupun sempat tertunda sehari, namun antusias wisatawan dan masyarakat Halbar sangat terhibur saat menyaksikan berbagai atraksi para penari. Warga rela berdesak-desakan demi menyaksikan pentas seni budaya tarian daerah yang diperagakan oleh anak-anak muda Halmahera Barat.

Selain itu, penyanyi dangdut jebolan Liga Dangdut Indonesia asal Halmahera Barat, Gunawan melengkapi hiburan malam masyarakat Halbar dan Maluku Utara pada umumnya.

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed