oleh

Catatan Rapimnas dan HUT Ke-21 Partai Demokrat

INBISNIS,ID. MALUT-Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (15/9) dan perayaan HUTnya yang ke-21, Jumat (16/9) telah berakhir.

Para pimpinan Partai Demokrat dari seluruh Indonesia bertemu hingga membirukan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC). Semuanya datang dan melaporkan  aspirasi langsung masyarakat dari 34 provinsi, 514 kabupaten/kotamadya, dan 83 ribu desa dan kelurahan. Masukan-masukan ini tentunya sangat berharga dan diperlukan oleh Partai Demokrat dalam menentukan langkah ke depannya menuju Pilpres dan Pileg 2024.

AHY Pidato Kebangsaan di hari ke-2 Rapimnas Partai Demokrat

Rapimnas yang dibuka langsung oleh Ketua Umum partai berlambang bintang mercy ini tepat pukul 14.00 disambut dengan antusias peserta baik pusat maupun daerah karena dihadiri juga oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia sekaligus penggagas berdirinya Partai Demokrat H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Situasi rakyat kita selama ini sedang kesulitan. Beban hidup mereka terus bertambah. Apalagi dengan kenaikan harga BBM. Demokrat yang selama ini terus konsisten membantu rakyat yang sedang kesulitan dan memperjuangkan harapan rakyat, akan terus bersama rakyat memperjuangkan perubahan dan perbaikan demikian sambutan AHY saat membuka rapimnas tersebut.

Salah satu peserta dari daerah yaitu Ketua DPC Partai Demokrat Kota Ternate, Heni Sutan Muda, ketika dihubungi INBISNIS,ID di sela-sela rapimnas mengatakan bahwa DPC Kota Ternate dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris serta unsur fraksi demokrat DPRD Kota Ternate. Bersama DPD Malut dan DPC lainnya yang berjumlah 40 kader membawa misi yang sama yaitu mengusulkan satu-satunya nama sebagai calon Presiden yakni Ketum Agus Harimurti Yudhoyono.

Lebih lanjut anggota DPRD Kota Ternate dua periode ini mengataka bahwa pihaknya terus konsisten menyuarakan penolakan terhadap kenaikan BBM.  Karena dampak dari kenaikan BBM telah berimplikasi pada kenaikan harga barang dan membuat kehidupan masyarakat makin terpuruk terutama di daerah.

“Harga sembako meroket tajam, transportasi darat dan laut ikutan naik. Rakyat makin susah, “ ujar Heni

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Utara M Rahmi Husen mengatakan dirinya dan semua peserta Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat  membawa dua misi penting yang telah disampaikan di forum tersebut.

“Yang pertama,  Demokrat Malut mengusulkan satu-satunya nama sebagai calon Presiden yakni Ketum AHY” tegas Rahmi. Sosok AHY adalah penggerak utama partai yang membuat elektabilitas Demokrat dalam berbagai survey terus meningkat.  Kepemimpinan AHY juga mewakili kalangan muda.

Sedangkan yang kedua,  pihaknya akan konsisten menyuarakan penolakan terhadap kenaikan BBM.  Menurut Rahmi, kenaikan BBM telah berimplikasi pada kenaikan harga barang dan membuat kehidupan masyarakat makin terpuruk terutama di daerah. “Di Malut misalnya, harga tiket kapal semuanya naik.  Rakyat makin susah karena transportasi laut jadi satu satunya yang menghubungkan tiap daerah di sini” kata Rahmi yang juga Wakil Ketua DPRD Maluku Utara.

Misi yang telah disampaikan Demokrat Malut, telah didengar oleh Ketum AHY sendiri, sehingga saat menyampaikan pidato kebangsaan pada hari kedua rapimnas semuanya diulas secara lugas oleh AHY.

“Di usai yang ke-21 tahun, Partai Demokrat memiliki pengalaman lengkap dalam berdemokrasi. Kami pernah 10 tahun memimpin jalnnya pemerintahan. Kini kami berada di luar kekuasaan menjalankan fungsi check and balance,” tutur AHY.

Lebih jauh dikatakannya bahwa Partai Demokrat dalam segala situasi memiliki prinsip yang tak pernah berubah. Yakni kaitannya dengan arah keberpihakannya dalam berpolitik.

“InsyaAlah Partai Demokrat tetap istiqomah untuk memperjuangkan dan mengawal harapan rakyat,” sambungnya menegaskan.

Maka dari itu, AHY menegaskan bahwa dalam Rapimnas 2022 sekarang partai yang diproklamirkan pada 9 September ini memiliki 3 fokus utama yang dibahas oleh ribuan kader yang hadir baik DPP, DPD maupun DPC.

“Pertama, kami memikirkan dan mencari solusi atas persoalan rakyat, utamanya kondisi sosial ekonomi rakyat,” tuturnya.

Kemudian untuk fokus kedua, AHY menyebutkan bahwa Rapimnas Demokrat kali ini mengambil sikap atas sejumlah isu nasional yang fundamental yang juga jadi perhatian rakyat dan dunia. Baik soal demokrasi, kebebasan, keadilan, dan supremasi hukum.

Sedangkan untuk fokus ketiga, lanjut AHY, adalah yang terkait dengan harapan dan rekomendasi Partai Demokrat untuk daerah dah Pemilu Serentak 2024.

Akhirnya, usai pidato politik AHY, acara dilanjutkan dengan perayaan HUT dengan agenda mengumumkan beberapa kegiatan lomba yang telah dilaksanakan menjelang HUT yang ke-21 dan kemudian diujung acara diakhiri dengan hiburan beberapa artis ibu kota melengkapi kemeriahan perayaan HUT partai Demokrat.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed