oleh

Anak Muda Halbar Keliling Dunia dengan Menari

INBISNIS.ID,HALBAR- Hari ini tepatnya 28 Oktober 2022, merupakan momentum penting dalam perjalanan sejarah eksistensi kepemudaan di tanah air. 94 tahun lalu, tepatnya di tahun 1928 sekelompok pemuda telah meletakkan dasar-dasar yang kuat bagi terbentuknya negara Kesatuan Indonesia. Di antaranya: semangat persatuan Bhinneka Tungal Ika, rasa kebangsaan dan ke-Indonesia-an.

Sebuah pertanyaan yang harus dijawab saat ini adalah dimana peran pemuda pada saat ini di tengah permasalahan bangsa?, untuk itu INBISNIS.ID mencoba menghubungi Kadis Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Halmahera Barat, Fenny Kiat via telpon selulernya pada Kamis, 27/10.

“Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022, ini merupakan  salah satu tonggak dari awal perubahan bangsa, Sumpah Pemuda sebuah bukti bahwa dalam momen-momen perjuangan kemerdekaan Indonesia, pemudalah yang menjadi pelopor utama dalam menyatukan arah perjuangan kebangsaan dalam melawan penjajah”, tutur Fenny membuka percakapan dengan INBISNIS.ID

Menurut Kadis yang pernah sukses dengan proyek perubahan Esa Moi ini bahwa bagaimanapun juga kepemimpinan kedepan lambat atau cepat akan beralih ke generasi muda. Oleh Karena itu, sebelum pemuda mengambil alih kepemimpinan kedepan tentunya diperlukan kesiapan-kesiapan dalam membentuk karakter yang kuat terhadap generasi muda.

Sehingga kedepan, lanjut Fenni, perlu terobosan-terobosan baru untuk mendorong para pemuda terutama di daerah ini untuk dapat lebih mempersiapkan diri dan berperan aktip dalam seluruh aspek kehidupan.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk kepemimpinan yang akan datang itu ? pertanyaan awak media ini langsung ditanggapi Fenny bahwa kualitas pribadi pemikiran, penampilan, dedikasi dan pengalaman organisasi, agar mampu melakukan adaptasi dan kompromi dengan perubahan-perubahan.

Lebih jauh dikatakannya bahwa selain menjadi agen perubahan, peran pemuda juga sebagai agen pembangunan yang mana pemuda harus memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang, baik pembangunan secara nasional maupun pembangunan daerah.

Kaitan dengan program kepemudaan di Kabupaten Halmahera Barat, menurut kadis reformer bidang pariwisata ini sudah banyak yang dilakukan salah satunya pelibatan aktif Pemuda selaku komunitas dalam mendukung sukses FTJ maupun event-event yg lahir dari kreativitas anak-anak muda Halbar. Selain itu Tarian Cry Jailolo dan Bala-bala juga penarinya adalah anak-anak muda yg notabene adalah pelajar dan anak dari Halbar. “Tarian kontemporer Cry Jailolo dan Bala2 telah mampu memberikan mimpi baru bagi anak-anak muda Halbar untuk bisa mengelilingi dunia dengan menari”,cetus ibu dua anak ini.

“Sebagai dinas yang menjalankan tupoksi kepemudaan, saya sangat “concern” dengan kegiatan-kegiatan kepemudaan untuk membentuk karakter yang kuat dengan pengetahuan yang inovatif, serta kreativitas yang tinggi”, pungkas Fenny

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed